Senin, 12 Desember 2016

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Baking Soda

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Baking Soda - Jerawat adalah masalah umum yang nampaknya dihadapi oleh sebagian banyak orang. Jerawat ada banyak sekali jenis dan cara penangannya. Setiap jenis jerawat ditangani dengan cara yang berbeda. Apabila tidak maka akan jerawat bisa semakin parah. Tantangan untuk para penderita jerawat diantaranya yaitu tidak boleh memencet dengan kuku. Tidak boleh memncet jerawat karena jika tidak maka jerawat akan meninggalkan bekas seperti flek hitam. 

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Baking Soda

Ada banyak cara dan juga solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi jerawat yang muncul di wajah maupun punggung. Anda dapat membeli beraagam obat yna g di jual di apotek, atau menggunakan bahan-bahan alami dan bahkan jika Anda memiliki dana lebih bisa pergi kedokter atau klinik yang memang sudah berpengalaman. Jika menggunakan obat, sebaiknya obat yang jerawat yang berasal dari bahan kimia. Karena jika menggunakan bahan kimia maka kia tidak tahu efek samping yang akan terjadi. Cara mengatasi jerawat yang terbaik sebenarnya adalah langsung melakukan konsultasi pada dokter sehingga akan lebih cepat sembuh. Cara yang cukup efektif, murah dan tak beresiko adalah menggunakan bahan alami dan tradisional. Dan sebenarnya ada cara lain yaitu menggunakan baking soda. Cara ini akan kami ulas dan kami lebih rinci. 

Anda pasti pernah mendengar jika baking soda yang ampuh untuk menghilangkan jerawat di wajah. Hal ini di lain sisi banyak yang pro dan kontra mengenai baking soda ini, ada sebagian orang berkata bahwa baking soda aman dan sebagian lagi berkata berbahaya jika digunakan pada wajah. 

Apa itu baking soda? 

Baking soda yang biasa kita kenal sebenarnya memiliki nama Natrium Bokarbonat. Baking soda sering kali digunakan sebagai bahan pengembang kue. Namun selain itu, baking soda juga dimanfaatkan untuk tujuan lain yaitu untuk membersihkan porselain, membersihkan toilet, obat untuk terbakar sengatan matahari hingga pembersih wajah. 

Apa perbedaan baking soda dan baking powder? 

Apa Anda sudah tahu emngenai bedanya baking soda dengan baking powder? Ternyata baking soda dan baking powder berbeda. Ada sebagian orang yang menganggap bahwa baking soda dan baking powder adalah sama. Namun sebenarnya baking powder adalah pengembangan dari baking soda yang khusus ditujukan untuk pengembang kue. Pada baking powder ini sudah di tambahkan satu atau lebih zat asam untuk mengatur pelepasan gas dalam proses pengembangan kue. 

Apa benar bahwa baking soda dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat pada wajah? 

Sudah ada banyak orang yang memberikan pengakuan mengenai manfaat baking soda untuk wajahnya. Dan mereka mendapatkan hasil yang memuaskan. Kebanyakan dari mereka mengaku setelah menggunakan masker baking soda wajahnya terlihat lebih bersih dan jerawat pada wajah pun dapat hilang sedikit demi sedikit. Teteapi tidak sedikit pula yang akhirnya mengeluhkan masalah yang timbul di wajahnya, yang bahkan lebih banyak dari sebelumnya mulai dari iritasi sampai luka yang berbekas di wajah. 

Sebenarnya baking soda memiliki sifat amphoteric. Ini artinya baking soda ini akan bereaksi dengan bahan yang bersifat asam maupun basa. Sifat amphoperic ini yang membuat baking soda efektif di gunakan untuk menetralkan pH atau asam di kulit wajah. Dalam perawatan kulit penting untuk selalu menjaga pH dalam keadaan netral agar jerawat tidak mudah muncul diwajah. 

Baking soda memiliki kandungan anti-peradangan dan antiseptik ringan. Kedua zat tersebut i sangat efektif dalam membantu mengurangi peradangan dan infeksi yang di akibatkan jerawat. Butiran baking soda ini juga tepat digunakan untuk scrub kulit ringan. 

Berbagai Cara Mengggunakan Baking Soda Untuk Mengatasi Jerawat 

1. Baking Soda Untuk Menyembuhkan Jerawat 

Campurkan baking soda dengan air untuk membuat pasta kental. Pasta tersebut kemudian oleskan ke wajah. Caranya yaitu dengan menggosokan dengan gerakan melingkar ke seluruh bagian wajah. Diamkan kira-kira selama 15 menit. Masker ini berfungsi untuk membuka pori-pori, mengangkat sel kulit mati, serta menghilangkan bakteri yang menjadi penyebab jerawat. Perawatan ini dapat dilakukan seminggu sekali untuk hasil yang lebih maksimal. 

2. Baking Soda Untuk Mencegah Noda Jerawat 

Baking soda bermanfaat da;a, membantu mencegah munculnya bintik gelap dan juga bekas luka pasca jerawat sembuh. Campurkan air denhgan baking soda dengan perbandingan tiga : satu. Terapkan campuran tersebut ke wajah, dan selanjutnya biarkan selamasatu malam. Kemudian bilas dengan menggunakan air hangat. Campuran ini berfungsi untuk mengeringkan kelebihan minyak di kulit. 

3. Baking Soda Untuk Mengikis Bekas Jerawat 

Jerawat biasanya akan meninggalkan bekas jerawat yang berupa noda atau pengelupasan kulit. Untuk menghaluskan kulit kembali, maka Anda dapat mencoba untuk membuat scrub yang berbahan dari baking soda. Caranya yaitu, campurkan satu sendok teh baking soda dengan pembersih wajah biasa. Selanjutnya gosok ke wajah dengan lembut selama sekitar 5 menit. Terakhir bilas dengan menggunakan air hangat. Anda juga dapat menambahkan lemon untuk hasil yang lebih maksimal. 

4. Masker Baking Soda 

Masker wajah yang terbuat dari baking soda dapat menghilangkan kelebihan minyak di kulit wajah. Masker wajah ini dapat membantu dalam mengurangi jerawat dan dapat digunakan untuk semua jenis kulit. Masker ini dapat dibuat dengan mencampur sekitar 8 sendok teh baking soda dengan 4 sendok air. Pertama, bersihkan wajah dengan air hangat dan tepuk-tepuk hingga kering. Selanjutnya oleskan masker baking soda ini ke kulit wajah. Diamkan masker menempel di wajah selama kurang lebih 15 menit atau sampai masker mengering. Terakhir bilas masker dan selanjutnya keringkan dengan handuk. Selanjutnya oleskan pelembap ke leher dan wajah. Ini akan berguna dalam menjaga wajah terhidrasi. Gunakan perawatan masker ini dua kali dalam seminggu untuk hasil yangmaksimal.


EmoticonEmoticon